<
Show/Hide
  1. Home
  2. Dunia
  3. Temui Putin, ini status Trump di media sosial
  • Senin, 16 Juli 2018 — 18:12
  • 292x views

Temui Putin, ini status Trump di media sosial

Ilustrasi, Bendera Amerika, pixabay.com
◕‿◕Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menulis status tentang kondisi hubungan negaranya dengan Rusia menjelang digelar pertemuan puncak Trump dengan Presiden Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia,◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Helsinki, Jubi – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menulis status tentang kondisi hubungan negaranya dengan Rusia menjelang digelar pertemuan puncak Trump dengan Presiden Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia, Senin, (16/7/2018). Keluhann itu ditulis di akun twiternya sesaat menjelang pertemuan diplomasi.

“Hubungan kita dengan Rusia tidak pernah lebih buruk seperti ini sebagai hasil dari kebodohan AS selama bertahun-tahun dan sekarang rekayasa perburuan penyihir,” kata Trump lewat akun @realdonaldtrump sesaat sebelum ketemu Putin pada Senin, (16/7/ 2018).

Trump juga mencuit ulang cuitan Kementerian Luar Negeri AS, Mike Pompeo, yang bakal menemaninya dalam pertemuan puncak itu.

“Baru mendarat di Finlandia untuk pertemuan Helsinki 2018. Presiden AS dan Presiden Putin akan membicarakan sejumlah isu mengenai hubungan kedua negara. Pertemuan ini dalam rangka kepentingan keamanan nasional. Sangat penting kedua pemimpin AS dan Rusia untuk bertemu membahas masalah-masalah penting antara kedua negara,” kata Pompeo lewa akun @secpompeo.

Akun Trump juga mencuit ulang foto dari warga Finlandia yang berbaris di pinggir jalan menyambut kedatangan rombongan Trump, yang juga diikuti istri Melania.

Kedua pemimpin akhirnya bakal menggelar pertemuan puncak pertama setelah saling memuji satu sama lain dari jarak jauh. Pertemuan ini dianggap beresiko bagi Trump dalam konteks politik domestik AS. Sedangkan pertemuan ini justru dianggap sebagai kemenangan geopolitik bagi Rusia.

Beberapa isu yang bakal dibahas, seperti dilansir Reuters, adalah hubungan buruk kedua negara akhir-akhir ini, kontrol senjata nuklir dan perang di Suriah.

Kedua pemimpin diperkirakan bakal membahas pengisian kembali kantor kedutaan masing-masing setelah terlibat saling usir pasca insiden serangan terhadap bekas intel Sergei Skripal menggunakan racun novichok, yang terjadi di Inggris beberapa bulan lalu.

Dalam wawancara dengan CBS Evening News, yang digelar di Edinburgh, Skotlandia, sehari menjelang pertemuan dengan Putin, Trump melontarkan pernyataan mengejutkan dengan menyebut Uni Eropa sebagai musuh AS.

“Saya kira kita punya banyak musuh. Saya pikir Uni Eropa itu musuh, terkait apa yang mereka lakukan terhadap kita dalam perdagangan. Anda mungkin tidak berpikir Uni Eropa itu musuh tapi mereka musuh,” kata Trump dalam wawancara itu. (*)

Reporter :tempo.co
Editor : Edi Faisol
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Cina kirim kapal mata-mata ke Hawaii

Selanjutnya

Presiden Kroasia sempat dikira bintang porno

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua