<
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Politikus Golkar pilih mencalonkan DPD dibanding DPR RI
  • Selasa, 24 April 2018 — 23:40
  • 640x views

Politikus Golkar pilih mencalonkan DPD dibanding DPR RI

Yorrys Reweyai - Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Salah seorang politikus Partai Golkar, Yorrys Raweyai menyatakan memilih mencalonkan diri sebagai senator DPD RI dari Papua daripada menjadi calon anggota DPR RI dalam pemilu 2019 mendatang.

Menurut Yorrys dirinya pada Selasa (24/4/2018) telah menyerahkan berkas syarat pencalonan ke KPU Papua. Atas pilihannya itu, Ia memiliki pertimbangan lain menjadi calon senator dibandingkan legislator mewakili Papua di Jakarta.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangannya, karena melihat kondisi Papua dan politik masa mendatang. Selain itu, undang-undang kini mengizinkan calon anggota DPD berasal dari partai politik. Berbeda dengan sebelumnya, hanya mereka yang tidak terlibat parpol selama lima tahun yang dapat mencalonkan diri.

"Pertimbangan lainnya, peran DPD ke depan lebih berbobot. Tinggal bagaimana kualitas orang masuk ke situ untuk memperjuangkan kepentingan daerah. Tidak lama lagi UU Otsus berakhir," kata Yorrys usai dari kantor KPU Papua.

Menurutnya, siapa lagi yang akan menyuarakan itu dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan Otsus selama ini jika bukan perwakilan Papua. Apalagi selama ini masih banyak masalah yang muncul, termasuk revisi Otsus beberapa tahun lalu yang tidak jadi. 

Selain itu katanya, ada kepentingan sektoral dari daerah, sehingga perlu melakukan pendidikan politik elegan, tidak transaksional. Apalagi di era modern kini, Papua harus punya kualitas orang yang memperjuangkan masalah lokal menjadi isu nasional. 

"Saya lima tahun di MPR dan 10 tahun di DPR RI. Kini dengan dinamika dan perkembangan sistem ketatanegaraan, saya memutuskan memperkuat teman-teman di DPD. Apalagi dalam UU MD3, DPD diberi kewenangan telibat dalam proses perda dan lainnya," ucapnya. 

Raweyai juga ingin membuat perbandingan sebagai anggota DPD dan DPR. Katanya, jika duduk di parlemen ada asas kepatuhan terhadap partai yang harus dipatuhi. Ada aturan partai yang mengikat kader dan tak boleh dilanggar. Jika dilanggar, akan mendapat peringatan bahkan pergantian antara waktu (PAW). 

"Di DPR terbatas dalam berekspresi. Kalau DPD tidak. Dulu kenapa saya tidak masuk DPD, karena ada aturan anggota partai tidak boleh masuk, minimal lima tahun mundur dari partai. Dengan pengalaman saya selama 10 tahun di DPR RI, saya mencoba ke DPD karena DPD memiliki ruang menyampaikan aspirasi yang lebih bebas," ungkapnya.

Selain menyerahkan berkas persyaratan ke KPU, Yorrys Raweyai juga kini berada di Papua dalam rangka menghadiri perayaan setahun berdirinya Papua Language Institute (PLI).

Ia mengatakan, tiga tahun lalu ia bersama beberapa generasi muda Papua merancang berdirinya PLI dengan fokus pada membangun SDM-nya, khsusunya anak asli Papua.

"Substansi Otsus sudah jelas bagaimana membangun SDM Papua dengan anggaran khusus. 

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan angka harapan hidup harus sejajar. Tapi kalau IPM angka harapan hidup masih di bawah, inikan pertanyaan. Ini tugasnya pemerintah. Apa yang mereka bangun dengan dana Otsus," ujarnya.

Namun lanjut dia, jangan selalu menyalahkan pihak lain saat menghadapi masalah, tapi bagaimana memperbaiki dan menyamakan persepsi bagaimana membangun Papua.

"Kami mencoba melakukan terobosan menyiapkan generasi Papua lebih baik ke depan," katanya.

Komisioner KPU Papua, Musa Sombuk membenarkan jika Yorrys telah menyerahkan syarat pencalonan sebagai anggota DPD RI ke KPU Papua.

"Iya sudah tadi. Tapi saya belum bisa menjelaskan lebih banyak karena lagi ada rapat," kata Sombuk melalui sambungan teleponnya kepada wartawan. (*) 

Reporter :Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Bupati: Ada dendam politik di balik kasus Pegubin

Selanjutnya

Yorrys Raweyai: Golkar tak pernah bicara wapres

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua