<
Show/Hide
  1. Home
  2. Advertorial
  3. Kapal yang akan perbaiki kabel FO di Sarmi masih di Sorong
  • Minggu, 22 April 2018 — 16:46
  • 1372x views

Kapal yang akan perbaiki kabel FO di Sarmi masih di Sorong

Asisten II Setda Provinsi Papua saat melakukan kunjungan ke kapal Nusantara Explorer saat putusnya SMPCS tahun lalu - Dok. Jubi 

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Manajemen PT. Telkom (Persero) Wilayah Telekomunikasi (Witel) Papua mengkonfirmasi bahwa kapal milik Telkom 'Nusantara Explorer' akan segera menuju perairan Sarmi-Biak untuk memperbaiki jaringan kabel optik bawah laut yang mengalami gangguan sekitar tiga pekan lalu.

"Saat ini kapal Nusantara Explorer ada di Sorong, Provinsi Papua Barat, sedang mengangkut material, logistik, dan BBM," ujar General Manager Telkom Witel Papua, Lonely Baringin Mangaranap, melalui WA, Sabtu (21/4/2018).

Mangaranap menyebut pada 22 April 2018, kapal Nusantara Ekplorer diagendakan berangkat dari Sorong menuju titik kerusakan kabel optik dan langsung melakukan proses perbaikan.

Mangaranap menyebut estimasi waktu perbaikan adalah satu minggu, namun pekerjaannya bisa lebih cepat bila ternyata kabel optik tidak putus sehingga proses pengangkatan bisa mudah dilakukan.

Diperkirakan, kata Lonely, pada 25 April 2018 kapal Nusantara Eksplorer akan tiba di koordinat titik putus dan langsung melakukan perbaikan. Pada 5 Mei 2018 diharapkan kabel optik sudah bisa beroperasi kembali.

"Dengan posisi kerusakan ada di 4.000 meter di bawah permukaan laut, bila kabel optik putus, proses pencarian kabel akan lebih sulit dilakukan karena kuatnya arus bawah laut membuat posisi kabel berpindah-pindah," ujarnya.

Ketua Asosiasi Tours dan Travel Papua (ASITA), Iwanta Paranginangin, mengatakan merasakan keuntungan yang merosot signifikan sebesar 50 persen. 

"Kalau dihitung kami merasakan dampaknya, sehingga sebagai jalur alternatif dengan membeli partner di luar sehingga akan membagi fee," ujarnya. (*) 

Reporter :Sindung Sukoco
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Sebanyak 320 siswa ikuti simulasi SBMPTN

Selanjutnya

BBM Satu Harga, SPBU Kompak Pirime mulai dioperasikan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua