<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Stadion Papua Bangkit adalah kebanggaan kita
  • Rabu, 24 Januari 2018 — 06:39
  • 8487x views

Stadion Papua Bangkit adalah kebanggaan kita

Pengerjaan pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung harapan yang sudah memasuki 41 persen - Jubi/Dok PT PP
◕‿◕“Stadion Papua Bangkit menjadi kebanggaan masyarakat Papua dan Indonesia,” kata Tono Suratman. ◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit". Pepatah ini setidaknya memberi gambaran nyata progres pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Stadion bertaraf internasional ini nantinya menjadi venue utama menggelar pembukaan dan penutupan pesta olahraga multi event Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2020 di Papua.

Sejak peletakan batu pertama oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (9/5/2015). Stadion yang berdiri di atas lahan sekitar 13 hektar ini dibangun dengan total dana APBD Papua mencapai Rp1,3 tiliun itu, dijadwalkan rampung akhir tahun 2018.

“Proyek pembangunan venue PON di Papua ini memiliki arti yang sangat penting. Bukan saja keolahragaan Papua, tapi juga Indonesia," kata Jokowi.

Ketua umum KONI Pusat, Tono Suratman bersama rombongan yang berkesempatan meninjau pembangunan stadion, Kamis (18/1/2018) malam, takjub melihat progress pembangunannya.

“Secara fisik kami melihat Stadion ini menjadi salah satu ikon di tanah Papua menyambut PON 2020,” kata Tono Suratman.

“Kami yakin dan percaya dengan melihat progres pembangunan Stadion Papua Bangkit, maka PON di Papua dapat terselenggara tepat waktu,” Tono optimis.

KONI Pusat sangat menyambut baik dengan apa yang sudah dilaksanakan pemprov Papua, khususnya dari pihak PT Pembangunan Perumahan. Dari hasil yang dilaporkan kepada kami bahwa pembangunan ini sudah 41 persen.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menegaskan, sejak pengeboran awal untuk titik pondasi stadion, pihaknya memberikan dukungan penuh. Khusus dalam penganggaran, sebab pembangunan stadion Papua Bangkit seluruh dananya bersumber dari APBD Papua.

“Kita dari legislatif sejak dari awal kita mendukung total pembangunan stadion ini. Hingga stadion Papua Bangkit rampung, kita dari dewan tetap mendukung total,” tegasnya.

Politisi dari Partai Demokrat ini bilang DPR Papua intens dan menopang pembangunan stadion ini dapat selesai tepat waktu.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, persentase pembangunan oleh PT Pembangunan Perumahan hingga awal Januari 2018 telah mencapai 41 persen.

“Saya meminta pihak PT PP agar menjaga konsistensi dalam penyelesaian Stadion Papua Bangkit, karena selama ini pembangunan stadion tidak ada kendala,” kata Yusuf Yambe Yabdi.

Yusuf akui pekerjaan stadion sangat cepat, karena sesuai dengan kontrak kerja. Saat ini kosentrasi pekerjaan pada pembangunan tribune stadion sedang dilakukan termasuk proses penggalian drainase lapangan, dan proses penanam rumput sudah dapat dilakukan awal Februari.

“Pembangunan tribun dari delapan zona, sudah pada zona enam, sehingga diharapkan awal bulan Maret pembangunan tribun lantai satu sudah rampung,” Yusuf Yambe Yabdi menjelaskan.

Tono Suratman mengaku bila stadion Papua Bangkit selesai tepat waktu sesuai kontrak kerja, maka sejarah akan mencatat sebagai bangunan olahraga termegah bertaraf internasional nomor dua di Indonesia setelah stadion Gelora  Bung Karno Jakarta.

“Stadion Papua Bangkit menjadi kebanggaan masyarakat Papua dan Indonesia,” kata Tono Suratman. (*)

Reporter :Jean Bisay
Editor :
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Disorda Papua terapkan pola baru pembinaan PPLP

Selanjutnya

Gubernur Papua: PON 2020 para atlet harus berpartisipasi

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua