<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Hari Ini Jokowi serahkan Inpres PON dan Peparnas 2020
  • Selasa, 23 Januari 2018 — 06:49
  • 1158x views

Hari Ini Jokowi serahkan Inpres PON dan Peparnas 2020

Ketua KONI Pusat Tono Suratman (kedua dari kanan) didampingi Ketua DPR Papua Yunus Wonda dan Kadisorda Papua Yusuf Yambe Yabdi saat meninjau pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan - Jubi/Jean Bisay
◕‿◕“Inpres ini adalah salah satu bagian didalam sukses persiapan PON XX/2020 di Papua,” katanya. ◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hari ini, Selasa (23/1/2017) di Istana Merdeka Jakarta menyerahkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2017 tentang dukungan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI tahun 2020 di Papua.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Yusuf Yambe Yabdi menginformasikan, Inpres ini penting dan mendesak, karena Papua punya deadline waktu untuk penyampaian total cabang olahraga yang mau dipertandingkan di PON 2020, pada rapat anggota tahunan KONI Pusat di Jakarta pada Maret nanti.

“Itu cabang olahraga sudah harus final,” kata Yusuf kepada wartawan di Jayapura, Senin (22/1/2018).

Yusuf bilang kenapa harus final, karena ini terakit kebutuhan bagi semua provinsi untuk menyiapkan pemusatan latihan daerah dari cabang-cabang olahraga tersebut untuk mengikuti PON di Papua.

Hal berikut adalah tiap daerah juga harus menyampaikan kepada pemerintah mereka masing-masing untuk kebutuhan anggaran persiapan pengiriman kontingen menuju Papua.

“Dua hal ini sangat penting bagi provinsi-provinsi untuk mengikuti PON 2020 di Papua,” ujarnya.

Hubungannya dengan Inpres yang dikeluarkan Jokowi hari ini adalah salah satu bagian dalam sukses persiapan PON XX/2020.

“Inpres ini adalah salah satu bagian didalam sukses persiapan PON XX/2020 di Papua,” katanya.

Yusuf bilang pemprov Papua sangat berharap ada partisipasi dari kementerian/lembaga untuk optimalisasi persiapan PON 2020.

Contoh Kementerian PUPR. Secara kebijakan PUPR itu anggaran untuk pembangunan venue yang dibebankan oleh pemerintah pusat yang diinstruksikan Presiden kepada Menteri PUPR penganggarannya sudah ada di DIPA. Tetapi Kementerian PUPR sendiri menunggu Inpres secara fisik yang harus mereka terima.

Juga kesiapan-kesiapan teknis lainnya yang kami terus berupaya bekerjasama dengan Kementerian PU yaitu kesiapan lokasi pembangunan.

“Kami berharap supaya penyerahan Inpres yang direncanakan besokbisa segera terlaksana sehingga kami bisa melakukan rapat-rapat koordinasi dan konsultasi bersama intansi-instansi teknis yang kami sangat harapkan untuk percepatan persiapan PON,” uajrnya.

Diantaranya Kementerian PUPR, Kemenpora, dan lebih khusus adalah Menko PMK Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Menko ini dia mengkoordinir semua kementerian yang membawahi kegiatan olahraga dan pemuda. jadi itu yang kami harapkan dari dikeluarkannya Inpres ini," kata Yusuf.

Sebelumnya Sekretaris Kemenpora, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto menjelaskan, Instruksi Presiden (Inpres) tentang dukungan dan percepatan pembangunan prasarana dan sarana pendukung dalam persiapan penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX/2020 di provinsi Papua terus dikebut oleh Pemerintah Pusat. (*)

Reporter :Jean Bisay
Editor :
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Wujudkan mimpi anak-anak Papua menuju Piala Dunia

Selanjutnya

Generasi muda Tolikara ikut lomba futsal antar Distrik

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua