<
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Kerja sama Vanuatu dan Australia menguat
  • Minggu, 14 Januari 2018 — 19:22
  • 615x views

Kerja sama Vanuatu dan Australia menguat

Komisaris Tinggi Australia, Jenny Da Rin, dan Menteri Urusan Luar Negeri, Ralph Regenvanu telah menandatangani sebuah Memorandum of Understanding kerjasama pembangunan Vanuatu dan Australia di Vanuatu - DVU

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Port Vila, Jubi - Menteri Urusan Luar Negeri, Kerjasama dan Perdagangan Internasional yang baru diangkat, Ralph Regenvanu, dan Komisaris Tinggi Australia, Jenny Da Rin, telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin, 8 Desember 2018.

MoU tersebut bertujuan memastikan kerjasama pembangunan Vanuatu dan Australia dapat berkontribusi secara efektif dan efisien terhadap pertumbuhan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan dan inklusif di Vanuatu.

Australia adalah salah satu mitra pembangunan terbesar Vanuatu, menyediakan hampir enam miliar vatu setiap tahunnya melalui program bantuan Australia untuk membantu Vanuatu membangun infrastruktur yang tangguh dan meningkatkan kesempatan ekonomi, memberikan layanan kesehatan dan pendidikan dasar, meningkatkan keamanan dan ketahanan masyarakat, serta untuk pembangunan kembali setelah Siklon Tropis Pam.

Australia juga bekerja erat dengan Vanuatu untuk keamanan dan pertahanan wilayahnya, melalui Program Kerjasama Pertahanan, dan untuk menumbuhkan peluang ekonomi melalui sektor pariwisata, pekerjaan musiman dan perdagangan, termasuk perjanjian perdagangan PACER Plus.

Da Rin mengucapkan selamat kepada Menteri Regenvanu atas penunjukkannya sebagai Menteri Urusan Luar Negeri, Kerjasama dan Perdagangan Internasional . Dia membawa serta surat ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, dan Menteri Perdagangan, Steven Ciobo.

“Australia sangat menghargai hubungan yang unik dan kuat dengan Vanuatu, dimana kedua negara kami sama-sama menikmati keuntungan,” katanya.

“Pemerintah Republik Vanuatu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia atas dukungan mereka yang terus berlanjut dan  kami berharap dapat menjalin kerjasama yang lebih erat dalam pelaksanaan kesepakatan kemitraan kita PACER Plus,” kata Menteri Regenvanu.

Australia sudah hampir 40 tahun menjadi mitra Vanuatu. Australia pertama kali membangun kehadiran mereka di Vanuatu pada Januari 1978 dan kedua negara ini telah bekerja sama sejak itu.(Daily Post Vanuatu)

Reporter :Elisabeth Giay
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Evakuasi Pulau Kadovar berjalan lancar

Selanjutnya

Pejabat Pariwisata pertanyakan usulan ritual adat di Ambae

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua