<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Peningkatan pembangunan harus sejalan dengan keterbukaan informasi 
  • Sabtu, 13 Januari 2018 — 17:28
  • 1089x views

Peningkatan pembangunan harus sejalan dengan keterbukaan informasi 

Bupati Jayapura didampingi Wakil Bupati saat diwawancarai media - Jubi/Engel Wally 

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan proses pelayanan dan peningkatan pembangunan di daerah ini harus sejalan dengan keterbukaan informasi. Menurutnya, informasi yang benar adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan dan program yang sudah ditetapkan, setelah dikerjakan atau mau dikerjakan, harus dikomunikasikan dengan benar, sehingga jelas apa yang dikerjakan selama ini. Kalau tidak ada informasi yang jelas, akan timbul pertanyaan dan keraguan dari masyarakat," ujar Bupati Mathius Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Sabtu (13/1/2018).

Sejalan dengan rencana ingin menjadikan daerah ini sebagai smart city, alur informasi yang lancar harus menjadi bagian di tengah masyarakat. Informasi disampaikan tidak hanya melalui media cetak dan elektronik tetapi juga akses jaringan internet sudah harus berjalan.

"Dengan akses internet yang baik, semua bentuk laporan dari tingkat kampung, distrik, dan kabupaten dapat bersinergi. Dengan penerapan sistem teknologi informasi seperti ini akan meringankan semua pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan secara manual. Kita juga akan tahu apa saja yang sudah dikerjakan dan yang belum dikerjakan, baik di tingkat kampung maupun lintas OPD," jelasnya.

Anggota DPRD kabupaten Jayapura, Yohanes Hikoyabi, mengaku sistem pembangunan berbasis informasi sangat penting. Selain sebagai informasi umum kepada masyarakat terkait program kerja yang dilaksanakan pemerintah daerah selama lima tahun berjalan, tetapi juga sebagai bahan edukasi, dan data yang akan ditinjau kembali suatu saat.

"Dengan informasi yang akurat akan sangat membantu kami di Dewan saat melaksanakan siding. Sehingga poin-poin penting yang akan dilaksanakan tidak terganggu dengan program yang tumpang tindih. Artinya, sudah dikerjakan dalam masa satu tahun tetapi masih diusulkan lagi di tahun berikutnya. Oleh sebab itu,kami juga berharap agar informasi pembangunan secara khusus di lintas OPD harus ditata dengan baik sebagai bentuk laporan kepada semua pihak dalam satu masa kepemimpinan atau satu tahun anggaran," ungkapnya. (*)

Reporter :Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kondisi jalan di Depapre rusak parah, pemerintah provinsi harus peka

Selanjutnya

Masih ada polsek yang membawahi dua distrik 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua