<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kondisi jalan di Depapre rusak parah, pemerintah provinsi harus peka
  • Sabtu, 13 Januari 2018 — 17:03
  • 1410x views

Kondisi jalan di Depapre rusak parah, pemerintah provinsi harus peka

Kondisi jalan Depapre saat ini yang rusak parah - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Peningkatan ruas jalan protokol Sentani-Depapre yang dikerjakan sejak tahun lalu hingga kini belum tuntas. Pihak ketiga yang dipercaya mengerjakan pekerjaan ini, tidak menyelesaikan dengan baik. Alhasil, jalan yang biasa digunakan warga dari Depapre ke Sentani dan sebaliknya, terlihat rusak parah. 

Ruas jalan tersebut berada dalam wilayah distrik Depapre kabupaten Jayapura. Pemerintah daerah berinisiatif membantu menyelesaikannya tetapi terkendala aturan dan kebijakan. Oleh sebab itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, minta Pemerintah provinsi Papua harus peka terhadap hal ini.

"Ini jalan memang masyarakat kita yang gunakan. Tetapi kebijakan kita tidak sampai ke sana karena pasti salah dari sisi aturan. Sudah berulang kali kami sampaikan ini kepada Pemerintah provinsi Papua," ujar Bupati Mathius Awoitauw, di Sentani, Sabtu (13/1/2018).

Dijelaskan, dalam proses pembuatan jalur jalan ini Pemerintah Kabupaten Jayapura sempat membantu melaksanakan pembangunannya. Tetapi dalam perjalanannya, ada permasalahan terkait izin dan kebijakan dari pemerintah provinsi. Setelah melalui koordinasi yang panjang, akhirnya persoalan tersebut selesai dan pemerintah provinsi memberikan izin untuk Pemkab Jayapura ambil bagian atas pekerjaan tersebut. 

"Kalau ada persoalan maka yang akan turun tangan adalah BPK. Tetapi kami sudah mendapat izin dari provinsi. Kenapa kami melaksanakan pekerjaan ini karena masyarakat kita yang menggunakan jalan ini juga. Tetapi hati kami untuk terus mengerjakannya sudah tidak bisa karena aturan dan juga kebijakan yang seharusnya dari provinsi," jelasnya.

Wakil Ketua II DPR Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring, mengatakan proses pembangunan jalan Depapre seutuhnya masih menjadi kebijakan dan wewenang Pemerintah provinsi Papua. Hal ini tidak bisa diambil alih oleh Pemerintah kabupaten Jayapura.

"Pemerintah daearah hanya bisa mengusulkan dalam bentuk program kepada pemerintah provinsi. Entah dijawab atau tidak adalah kewenangan yang di atas. Untuk mengerjakannya pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kita juga berharap agar pemerintah provinsi dapat secepatnya memperbaiki ruas jalan ini bagi kepentingan masyarakat," ungkapnya. (*) 

Reporter :Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Masyarakat keluhkan kondisi jalan Depapre, terjal dan berlubang

Selanjutnya

Peningkatan pembangunan harus sejalan dengan keterbukaan informasi 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua