<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Masyarakat Kabianggama Yahukimo terancam kelaparan
  • Sabtu, 12 Januari 2018 — 00:01
  • 2228x views

Masyarakat Kabianggama Yahukimo terancam kelaparan

Foto awal musibah longsor, sebelum longsor susulan yang menimbun kebun milik warga di enam kampung di distrik Kabianggama kabupaten Yahukimo – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Yahukimo, Jubi – Pasca musibah tanah longsor di distrik Kabianggama kabupaten Yahukimo, pertengahan Desember lalu, kini warga enam kampung di distrik Kabianggama terancam kelaparan.

“Tiga lokasi kebun ubi kami tertimbun longsor. Kami tidak punya makanan,” kata pemuda distrik Kabianggama, Niko Bahabol, yang baru tiba dari kampung Buahun, melalui telpon seluler, kepada Jubi, di Dekai, Jumat (12/1/2018).

Niko menceritakan karena minimnya sarana komunikasi, dia jalan kaki selama tiga hari dua malam dari kampungnya ke Wamena, untuk menyampaikan musibah tanah longsor tersebut.

“Sementara ini para korban tanah longsor dievakuasi ke Kantor distrik Kabianggama. Kami tidur disana karena rumah-rumah kami tertimbun longsoran gunung Bibil. Kami susah mendapatkan air bersih karena air menjadi keruh akibat longsor. Kami sangat membutuhkan bantuan pemerintah, secepatnya, sebelum orang disana mati karena kelaparan,” katanya.

Koordinator penanganan bencana tanah longsor di kampung Buahun distrik Kabianggama, Enius Yual, mengatakan peristiwa tanah longsor terjadi karena gunung Bibil terbelah tengah lalu terjadi pergeseran tanah dan longsor. Akibatnya, puluhan rumah dan perkebunan milik warga mengalami kerusakan serta puluhan hewan ternak mati.

“Ada 24 rumah warga tertimbun longsor. Perkebunan milik warga di enam desa, diantaranya desa Buahun, Bahabolma, Kawianggema, Soha, Supayo, dan Domul, hancur total karena tertimbun longsor di tiga lokasi. Sebanyak 26 ekor babi tertimbun longsor. Masyarakat mulai terserang batuk, demam menggigil, pilek, dan sesak napas. Warga juga kekurangan makanan. Kami minta perhatian pemerintah. Bapak Gubernur dan Bapak Bupati Yahukimo bisa membantu kami,” kata Enius Yual, kepada Jubi, di Dekai, Kamis (11/1/2018).

Bagi pihak-pihak yang ingin memberi bantuan, bisa menghubungi Enius Yual di nomer HP: 0852 5448 8690 atau mendatangi sekretariat penanganan bencana kampung Buahun distrik Kabianggama di jalan Yahuli Paradiso (sesudah kantor Pertamina lama) Dekai.

”Di distrik Kabianggama ada lapangan terbang perintis yang bisa didarati pesawat kecil. Kami menerima bantuan dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun. Sampai sekarang belum ada bantuan dalam bentuk apapun kepada korban musibah tanah longsor ini,” kata Enius Yual. (*)

Reporter :Piter Lokon
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

KPU Jayawijaya diminta buka penambahan waktu pendaftaran

Selanjutnya

Kinerja Kejari Timika terbaik se Tanah Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua