Object moved to here.

Papua | Pedagang enggan pindah, jarak rumah ke pasar jauh 
<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pedagang enggan pindah, jarak rumah ke pasar jauh 
  • Jumat, 12 Januari 2018 — 16:46
  • 983x views

Pedagang enggan pindah, jarak rumah ke pasar jauh 

Pedagang sayur mayur di pasar Pharaa Sentani - Jubi/Engel Wally 
◕‿◕Sebagian beralasan jarak pasar dengan tempat tinggal mereka sangat jauh. Ada pula yang mengatakan tempat berjualan saat ini sudah cukup menjanjikan. Artinya, dagangannya laris manis, dijual cepat habis.◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Sejumlah pedagang di pasar lama Sentani dan beberapa ‘pasar kaget’ di sepanjang jalan protokol di Sentani mengaku kesulitan berdagang apabila dipindahkan di pasar Pharaa Sentani. 

Sebagian beralasan jarak pasar dengan tempat tinggal mereka sangat jauh. Ada pula yang mengatakan tempat berjualan saat ini sudah cukup menjanjikan. Artinya, dagangannya laris manis, dijual cepat habis.

Seorang pedagang sayur di pasar lama yang tinggal di Komba, Merendika, mengaku sangat jauh apabila harus pindah ke pasar Pharaa Sentani. Menurutnya, untuk ke pasar harus menyiapkan ongkos transportasi yang tidak sedikit.

"Sudah lama kita jualan di pasar lama. Kalau dipindahkan lagi, kita kan kesulitan transportasi. Jarak rumah dengan pasar jauh, butuh ongkos taksi. Belum lagi ongkos ojek yang mahal untuk sekali ke pasar karena belum ada mobil yang masuk sampe tong pu rumah," kata Merendika, yang ditemui di pasar lama Sentani, Jumat (12/1/2018).

Pemerintah kabupaten Jayapura melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) tetap pada berkomitmen memindahkan para pedagang di sejumlah ‘pasar kaget’ di seputaran Sentani kota.

Menjelang pelaksanaan PON XX di daerah ini, pemerintah akan membangun sejumlah ruang terbuka hijau di sepanjang jalan protokol Sentani, sehingga tidak mungkin ada aktivitas jual beli atau ‘pasar kaget’ di sepanjang jalur tersebut.

"Kami tetap akan pindahkan para pedagang di pasar-pasar yang muncul tiba-tiba di pertigaan jalan seperti di jalan Sosial dan di pertigaan jalan Pojok. Pasar yang sudah dibangun pemerintah ada dua yang bisa menampung para pedagang ini yakni pasar Doyo dan pasar Pharaa. Pasar lama Sentani, setelah pasar tersebut terbakar dan semua pedagang dipindahkan ke pasar Pharaa, tidak ada lagi pasar disana. Hanya kios-kios kecil milik masyarkat. Tapi sekarang sudah berubah jadi pasar lagi. Para pedagang disana pasti akan kami tertibkan," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag kabupaten Jayapura, Warsito. (*)

Reporter :Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kepala kampung wajib beri penilaian kinerja guru

Selanjutnya

Pemerintah akan cari jalan tuntaskan pembangunan pasar Pharaa  

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua