<
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. OJK optimis tahun 2018 penyaluran KUR akan membaik
  • Rabu, 10 Januari 2018 — 19:30
  • 1273x views

OJK optimis tahun 2018 penyaluran KUR akan membaik

UMKM yang menjadi perhatian pihak perbankan - Jubi/Sindung 

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Papua dan Papua Barat, Misran Pasaribu, optimis penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Papua dan Papua Barat di tahun 2018 akan membaik jika dibanding tahun 2017.

“Jika flash back ke 2017 ada kurang menggembirakan, terutama untuk mikro yang disasar oleh pemerintah. Ini peluang bagus bagi mikro kecil di daerah,” kata Misran Pasaribu, saat ditemui Jubi, Rabu (10/1/2018).

Terkait kendala di Papua dan Papua Barat, Misran mengakui ada beberapa. Pertama, desakan pemerintah daerah yang menginginkan yang tumbuh adalah UMKM orang asli Papua ( OAP) namun kesiapan dan kemampuan untuk mengelola kredit belum cukup mumpuni sehingga perlu pendampingan oleh pemda atau dinas terkait. 

Kedua,manfaat  KUR belum tersosialisasi ke pemda dan masyarakat.

”Ada yang mengetahui manfaatnya akan tetapi punya penafsiran tersendiri bahwa KUR adalah hadiah,” lanjutnya.

Misran berjanji akan melakukan upaya konkret dengan melakukan pertemuan bersama stakeholder dari pemda khususnya yang mempunyai kluster binaan dan berharap adanya peta UMKM. 

“Perlu penjelasan lebih lengkap terutama ke pusat Industri sehingga kami punya data UMKM yang layak dibiayai oleh KUR,” katanya.

Misran mengatakan perlunya sinergi antara OJK, pemerintah daerah, dan perbankan untuk menyukseskan KUR dengan bunga 7 persen di Papua. 

Tahun 2017, Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jayapura telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp 914,4 miliar atau mendekati target Rp 1 triliun.

"Total nasabah mikro 45.328 nasabah KUR dan 1.826 nasabah ritel,” kata Kepala Kantor Wialyah  BRI Jayapura, I Wayan Nasta, kepada wartawan, kala itu.

Wayan mengatakan  total KUR yang disalurkan untuk sektor produktif, terutama perdagangan pertanian, perikanan, dan sektor lain sejenis. Tercatat perdagangan mendominasi nilai penyaluran dengan angka Rp 812 miliar, perikanan sebesar Rp 33 miliar, industri pengolahan Rp 30 miliar, pertanian Rp 150 miliar, transportasi, pergudangan dan komunikasi Rp 93 miliar. (*) 

Reporter :Sindung Sukoco
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Bulog Papua siap tekan HET beras medium 

Selanjutnya

BBM Satu Harga, menjawab keluhan jauhnya perbedaan harga antar daerah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua