<
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Anak hidup di jalan karena kurang pengawasan orang tua
  • Rabu, 10 Januari 2018 — 19:19
  • 881x views

Anak hidup di jalan karena kurang pengawasan orang tua

Anak-anak aibon yang sedang dibimbing oleh guru dari SMP/SMA Satu Atap Terintegrasi Wasur – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Merauke, Jubi – Tokoh perempuan Merauke, Albertina Mekiuw, menyoroti banyaknya anak-anak Papua yang menghirup lem aibon maupun sebagai peminta-minta di emperan toko. Setiap tahun jumlahnya terus bertambah banyak.

Hal itu disampaikan Albertina, kepada Jubi, di rumahnya, Rabu (10/1/2018). 

Dikatakan, anak-anak yang bebas berkeliaran pada siang maupun malam hari itu, akibat kurang bimbingan dan pengawasan dari orangtua.

“Ya, kalau orangtua bersikap masa bodoh, maka anak juga sesuka hati keluar rumah. Karena pengawasan tidak dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Selain peran orangtua, katanya, juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke dinilai kurang berperan dalam menangani anak jalanan.

“Saya kira ada beberapa dinas mempunyai kewenangan untuk menangani anak-anak tersebut. Tinggal saja diprogramkan untuk dijalankan,” ungkapnya.

Artinya, lanjut Albertina, anak-anak diurus untuk ke sekolah. Karena umumnya yang mengisap aibon maupun menjadi peminta-minta adalah anak-anak putus sekolah.

“Saya kira anak-anak itu bisa ditangani dengan baik. Hanya, apakah pemerintah mau memulai atau tidak. Kuncinya disitu saja,” ujar dia.

Kepala Sekolah SMP/SMA Terintegrasi Satu Atap Wasur, Sergius Womsiwor, menegaskan untuk menangani anak-anak yang sering menghirup lem aibon atau menjadi tukang parkir serta  pemulung, harus ditangani bersama. Tidak bisa memberikan tanggung jawab kepada salah satu komponen.

“Kalau mau dibilang, anak-anak aibon sekarang, sedang dalam penanganan kami. Setiap sore, mereka mendapatkan kesempatan  belajar dari seorang guru,” tuturnya. (*)

Reporter :Ans K
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Ketua P2TP2A tak boleh dijabat ASN

Selanjutnya

Anak korban saksi kunci, pelaku masih buron

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua