<
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Larangan kantong plastik Vanuatu efektif Februari
  • Rabu, 10 Januari 2018 — 08:24
  • 936x views

Larangan kantong plastik Vanuatu efektif Februari

Produk-produk Plastik di pesisir pantai pada saat air pasang - RNZI/paktaotik2/123RF
◕‿◕Pada 2018, Pemerintah Vanuatu akan mengambil sejumlah langkah krusial dalam mengelola masalah sampah laut dan berharap agar swasta, pemerintah daerah, dan masyarakat umum akan turut membantu pemerintah dalam menjaga lautan tetap sehat dan bersih.◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Port Vila, Jubi - Kementerian Luar Negeri, Kerjasama Internasional dan Perdagangan Eksternal Vanuatu (Ministry of Foreign Affairs, International Cooperation and External Trade; MOFAICET), yang bertanggung jawab atas Kebijakan Kelautan Vanuatu, mengumumkan keputusan yang diambil oleh Dewan Menteri-Menteri pada bulan Desember 2017 melarang impor dan pembuatan produk plastik non-biodegradable lokal.

Keputusan pemerintah untuk itu diambil setelah menelaah hasil laporan studi lapangan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok peduli lingkungan pesisir laut, bekerja sama dengan Departemen Lingkungan Hidup di sekitar wilayah Efate yang menemukan bahwa hampir semua bentuk sampah plastik beraneka ragam telah memasuki laut Vanuatu.

Pada 2018, Pemerintah Vanuatu akan mengambil sejumlah langkah krusial dalam mengelola masalah sampah laut dan berharap agar swasta, pemerintah daerah, dan masyarakat umum akan turut membantu pemerintah dalam menjaga lautan tetap sehat dan bersih.

Pemerintah Vanuatu, melalui Dewan Menteri-Menteri telah menyetujui langkah-langkah awal pengelolaan sampah laut sebagai berikut:

1. Melarang impor kantong plastik non-biodegradable sekali pakai dan kotak berbahan polystyrene di Vanuatu mulai tanggal 31 Januari 2018.

2. Pabrik lokal yang memproduksi plastik kantong hanya dapat menggunakan bahan plastik biodegradable  mulai pada 31 Januari 2018.
3. Meninjau kembali dan menemukan metode baru pembuangan sampah  plastik di Vanuatu mulai tanggal 31 Januari 2018.

4. Memberikan tenggang waktu enam bulan bagi pihak swasta untuk menggunakan persediaan produk kantong plastik sekali pakai dan kotak polystyrene mereka saat ini, hingga tanggal 30 Juni 2018.

5. Menetapkan Peraturan Pemerintah di bawah Undang-Undang Pengelolaan Limbah untuk menerapkan perubahan ini selambat-lambatnya pada akhir Januari 2018.
6. Pemerintah akan memberikan dukungan untuk alternatif lain dari produk plastik seperti keranjang tradisional.(Elisabaeth C.Giay)

Reporter :Vanuatu Daily
Editor : Zely Ariane
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

PNG menarget pasar pariwisata India

Selanjutnya

Kirim minyak illegal ke Korut, perusahaan kapal tanker Marshall Islands jadi sorotan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell