<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. 90 persen Kepala Kampung Yahukimo belum laporkan penggunaan dana desa
  • Senin, 08 Januari 2018 — 06:12
  • 954x views

90 persen Kepala Kampung Yahukimo belum laporkan penggunaan dana desa

Bupati Abock Busup dan Wakil Bupati Yulianus Heluka beserta anggota dewan pada satu ketika di salah satu distrik, menyalurkan langsung dana desa kepada masyarakat. – Jubi Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Daerah Yahukimo kembali memberi peringatan kepada para kepala kampung di wilayahnya untuk memasukan laporan penggunaan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2017. Berjumlah 400 lebih kampung di Yahukimo yang belum melapor, sebagian bahkan dilaporkan telah menyalahgunakan anggaran tersebut.

Bupati Yahukimo Abock Busup pada Minggu (7/1/2018) mengatakan mayoritas kepala kampung di daerahnya belum menyerahkan laporan pertanggung jawaban Dana Desa tahap pertama. Hal tersebut, katanya, akan berdampak pada lambannya pembangunan dari kampung melalui dana desa.

“Pembangunan masyarakat dan kampung pasti berdampak, akan lambat karena kepala desanya tidak pakai uang itu semestinya. Ada kasus sejumlah kepala desa yang ambil dana dan bawa ke Jakarta untuk agendanya sendiri, bukan untuk masyarakat di kampung yang seharusnya menerima,” kata Bupati Abock di Jayapura.

Abock Busup menyebutkan, hanya 100 dari 510 kampung yang melaporkan penggunaan dana desa tahap pertama, tahun anggaran 2017. “Sementara sisanya, yang 410 kampung, tidak melapor sampai sekarang (awal Januari 2018),” jelasnya.

Melihat situasi tersebut, Bupati Abock Busup mengatakan, pihaknya berencana mengambil kebijakan dengan menyalurkan langsung dana desa tahap kedua—semestinya diterima sebelum akhir tahun 2017—ke kampung-kampung, agar tidak mengorbankan kepentingan masyarakat di kampung-kampung.

“Tahun 2018 ini, kami yang akan bawa langsung ke kampung supaya masyarakat lihat dan kepala kampung tidak bisa seenaknya bawa keluar. Kalau cairkan di rekening itu kejadiannya akan lain, 400an kepala desa gunakan dana ini untuk ke Jakarta. Dan sampai sekarang mereka tidak memberikan laporan,” kata Bupati.

Abock Busup pun berencana akan memproses semua kepala kampung yang tidak memberikan laporan penggunaan dana desa tersebut.

Bangun rumah, balai desa, dan beras

Kepala Kampung Harapan, Distrik Amuma, Kabupaten Yahukimo, Pilemon Heluka, yang dihubungi Jubi, Minggu malam, mengaku telah menyerahkan laporan penggunaan dana desa tahap pertama dan telah menerima anggaran tahap kedua.

Dana tahap pertama digunakan untuk membangun 20 unit rumah sederhana untuk masyarakat di kampung Harapan.

“Saya beli seng 700 lembar, paku, dan kaca untuk masyarakat. Satu kepala keluarga saya bagi 40 lembar seng. Yang lain sudah bangun, yang lain belum. Yang sudah empat rumah. Material kita pakai kayu saja ambil di hutan,” kata Pilemon Heluka via selulernya.

Pilemon mengaku telah menerima dana desa tahap kedua sebesar Rp200 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun kantar balai desa dan beras untuk masyarakat.

“Rencananya saya mau bikin kantor (balai desa) dan beras 1 ton untuk bagi masyarakat,” kata Pilemon yang memiliki 36 kepala keluarga. Masing-masing KK dibagi 10 kilo. (*)

Reporter :Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pengembangan Daerah, Wari/Taiyeve diwacanakan jadi Ibu Kota Tolikara

Selanjutnya

Perpanjangan Nop Goliat Dekai capai 50 persen, Maret ditargetkan rampung

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua