Object moved to here.

Papua | Peternak Mimika pasok telur ke Asmat dan Yahukimo
<
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Peternak Mimika pasok telur ke Asmat dan Yahukimo
  • Jumat, 05 Januari 2018 — 20:58
  • 4118x views

Peternak Mimika pasok telur ke Asmat dan Yahukimo

Mulai 1 Januari 2018 peternak di Mimika memasok telur ke dua kabupaten tetangga, Asmat dan Yahukimo – Jubi/IST
◕‿◕"Pekan ini pengiriman telur ke kabupaten Asmat dan Yahukimo mencapai 3,4 ton," kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Mimika, Yosefina Sampelino.◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Timika, Jubi - Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Mimika, Yosefina Sampelino, mengatakan sejak 1 Januari 2018 para peternak telur ayam ras di wilayah ini mulai memasok telur ke dua kabupaten tetangga.

"Pekan ini pengiriman telur ke kabupaten Asmat dan Yahukimo mencapai 3,4 ton," kata Yosefina, di Timika, Jumat (5/1/2018).

Langkah Dinas Peternakan untuk mencari pasaran telur ke kabupaten tetangga di wilayah itu merupakan upaya pemkab setempat untuk mencegah penumpukan telur ayam hasil para peternak Mimika yang telah melampaui jumlah rata-rata konsumsi telur warga Mimika dalam sehari

"Pada 2017 produksi telur di Mimika sudah mencapai 8,4 ton per hari. Konsumsi masyarakat Mimika mencapai 8,2 ton per hari," katanya lagi.

Ia juga mengakui pada pertengahan 2017 lalu, konsumsi telur masyarakat Mimika mengalami penurunan dikarenakan daya beli telur menurun termasuk permintaan telur ayam ras oleh PT Pangan Sari Utama untuk kepentingan konsumsi karyawan PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana maupun di area Tembagapura.

"Selama ini PT Pangan Sari Utama ambil telur dari peternak kita sebanyak 0,7 ton per harinya. Namun menurun hampir 50 persen karena adanya pengurangan karyawan yang terjadi pada pertengahan 2017 oleh Freeport dan kontraktor lainnya," ujarnya lagi.

Hal tersebut mengakibatkan kerugian bagi para peternak telur ayam ras di wilayah itu yang berujung pada kerusakan telur yang hanya menumpuk.

"Ini langkah penting untuk menyelamatkan peternak kita yang sebenarnya saat ini sedang bersemangat untuk mengembangkan peternakan, baik yang dibina Dinas Peternakan maupun Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro," ujar Yosefina.

Ia berharap agar pada 2018 perekonomian Mimika semakin membaik, sehingga dapat mempengaruhi daya beli telur ayam ras dan konsumsi telur ayam masyarakat Mimika per harinya. (*)

Reporter :ANTARA
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Ini harapan perbankan dan perhotelan pada tahun politik

Selanjutnya

Harga tiket pesawat mahal, penumpang kapal laut membludak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua