<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Jayawijaya dan PLN canangkan listrik masuk desa
  • Minggu, 17 Desember 2017 — 21:53
  • 1105x views

Jayawijaya dan PLN canangkan listrik masuk desa

Bantuan solar sel dari Kemeterian ESDM-Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bersama PT  Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencanangan listrik masuk desa. Pencanangan diagendakan secara serentak di 18 rumah yang ada di Kampung Kosimiage, Distrik Hubikosi pada  Senin (18/12/2017).

“Ini merupakan proyek percontohan dalam mengintervensi dana desa di Kabupaten Jayawijaya,” kata Asisten II Sekda Jayawijaya, Yohanes Katoleng , kepada wartawan di kantor bupati akhir pekan lalu.

Menurut Yohanes, kampung Kosimiage sengaja dipilih menjadi desa percontohan survey yang dilakukan PLN. “Kampung ini memang layak dijadikan percontohan dan akan diikuti oleh kampung-kampung lain,” kata Yohanes menjelaskan.

Ia berharap program yang sama dapat dilakukan membangun kampung lain dengan melihat kebutuhan prioritas masyarakat. Pemasangan listrik di kampung itu akan menggunakan dana desa bekerja sama dengan PLN. Apa lagi data PLN menyebutkan di Jayawijaya masih ada sekitar 50 kampung di 26 distrik yang belum teraliri listrik.

Pencanangan listrik yang menggunakan dana desa itu dinilai lebih baik, karena menyangkut penggunaan anggaran yang langsung bermanfaat terhadap masyarakat desa.  Selain itu sebagai penunjang Kementerian ESDM yang telah memberikan bantuan penerangan berupa solarsel kepada 10 Distrik yang ada di Wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Kepala dinas tenaga kerja, perindustrian dan perdagangan Kabupaten Jayawijaya, Semuel Munua,  mengatakan, penyaluran bantuan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Jayawijaya merupakan wujud program Presiden RI yang ingin menjadikan Papua terang.

“Penyaluran awalnya di Jayawijaya, karena Jayawijaya sudah melakukan verifikasi data dengan benar dan selesai, walaupun tidak semua distrik,” ujar Munua.

Ia menjelaskan, selain Jayawijaya, Kementerian ESDM juga memberikan bantuan ke wilayah pegunungan tengah lain di antaranya Tolikara dan Lanny Jaya. (*)

Reporter :Islami Adisubrata
Editor : Edi Faisol
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

DPRD Tolikara rekomendasi pemindahan ibu kota dari Karubaga ke Wari/Taive

Selanjutnya

Buruknya jaringan internet di Yahukimo, warga plesetkan kata "Dekai"

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua