<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Kebersamaan, modal utama membangun Mamberamo Tengah
  • Minggu, 17 Desember 2017 — 16:32
  • 1453x views

Kebersamaan, modal utama membangun Mamberamo Tengah

Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak, saat menyalakan lilin dalam perayaan Natal bersama ASN, TNI-POLRI, dan masyarakat di Aula Bogo, Kamis (14/12/2017) pekan lalu – Jubi/Humas Mamteng

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Kobakma, Jubi - Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah menggelar perayaan Natal bersama Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-PORI, dan masyarakat  di kabupaten itu, berlangsung di Aula Bogo, Kamis (14/12/2017) pekan lalu.

Perayaan ibadah Natal yang mengangkat tema nasional ‘Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu’ berlangsung khimad.

Suasana makin meriah dengan lantunan pujian-pujian Natal yang dibawakan paduan suara anak-anak Bogo dan paduan suara Mamberamo Tengah. Dalam perayaan Natal itu juga digelar drama kisah kelahiran Yesus yang dimainkan anak-anak Bogo.

Hadir dalam perayaan natal itu, Bupati R. Ham Pagawak, Wakil Bupati Yonas Kenela, Ketua DPRD Berius Kogoya, Forkopimda, dan Kepala-Kepala OPD, Ketua Klasis Balim Pdt. Abraham Ungirwalu, dan Ketua BPD Gereja GBI Pegunungan Tengahn, Pdt. Ari Mabel.

Bagi Bupati Ham Pagawak, perayaan natal bersama kali ini merupakan yang terakhir dalam kepemimpinannya selama lima tahun sebelum mengakhiri masa jabatan pada Maret 2018 mendatang.

Pada momentum ini Bupati Ham menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang ada baik pimpinan gereja, adat, ASN, termasuk TNI-POLRI yang sudah memberikan dukungan sehingga dapat menjalankan pemerintahan bersama dengan wakil bupati dengan aman, damai, dan sukacita.

“Ini merupakan bukti kebersamaan masyarakat dengan pemerintah. Ini tentu menjadi modal dalam membangun Kabupaten Mamberamo Tengah sehingga hasilnya bisa terlihat saat ini dan dinikmati rakyat,” ujarnya.

Ham Pagawak mengakui selama lima tahun kepemimpinannya telah berupaya berbuat yang terbaik bagi masyarakat melalui pembangunan di berbagai bidang. Baik di bidang infrastruktur berupa jalan dan jembatan, perumahan rakyat, ekonomi berupa pemberian bantuan perekonomian rakyat, pendidikan, kesehatan, maupun kantor-kantor baik pemerintah, Polres, dan Graha Pemilu.

Pihaknya juga memberikan perhatian penuh pada pengembangan sektor keagamaan dengan membangun sejumlah gereja maupun kantor klasis termasuk pemberian bantuan kendaraan operasional bagi hamba-hamba Tuhan untuk menunjang pekerjaan pelayanan Tuhan.

Walau begitu, Bupati Pagawak merasa belum sepenuhnya melakukan itu semua sesuai dengan keiginan rakyat. Masih banyak yang harus dibuat demi rakyat Mamberamo Tengah.

“Kami berharap topangan doa masyarakat supaya kami diberi kekuatan, hikmat, dan kesehatan agar dapat berbuat yang terbaik bagi rakyat Mamberamo Tengah di masa mendatang,” imbuhnya.

Bupati Ham minta seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga apa yang sudah dibangun dan dipupuk bersama agar tidak mudah diprovokasi orang dari daerah lain yang berupaya sekuat tenaga untuk merusak kehidupan masyarakat di Mamberamo Tengah.

“Saya berharap agar masyarakat terus hidup saling mengasihi dalam kebersamaan dan keberagaman agama, suku, dan budaya yang ada di Mamberamo Tengah. Jangan mudah terpengaruh dengan hasutan dan provakasi dari orang luar yang hanya ingin mengacaukan kabupaten ini,” jelasnya.

Bupati Ham mengakui di tahun 2018 mendatang ada dua agenda besar yakni pelaksanaan konferensi GIDI pada November di Bokondini, Kelila, dan pemilihan kepala daerah pada medio Juni.

Untuk Konferensi GIDI yang akan digelar pada November tahun 2018 mendatang, kata Bupati Ham, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan dengan merenovasi rumah-rumah misi, membangun aula tempat pertemuan, jalan, dan lapangan untuk acara pembukaan.

Agenda kedua, kata Bupati Ham, adalah pelaksanaan Pilkada. Pemkab Mamteng sendiri sudah menganggarkan anggaran puluhan miliar demi suksesnya pesta demokrasi itu.

Menurutnya, Pilkada merupakan pesta demokrasi biasa yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali, sehingga masyarakat maupun ASN tidak perlu untuk takut.

“Bekerjalah seperi biasanya baik sebagai ASN, petani, pedagang, dan lain sebagainya, jangan terpengaruh dengan Pilkada,” pintanya.

Yang terpenting, menurut Bupati Ham, tentu ada dukungan dari masyarakat agar Pilkada dapat berlansung dengan aman dan lancar.

“Sudah terbukti selama ini kabupaten Mamberamo Tengah aman. Ini tidak lepas dari peran masyarakat. Ini harus diwujudkan pada Pilkada 2018 mendatang,” ucapnya.

Ketua panitia Natal, Korneles Manuputty, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat dan seluruh ASN yang sudah memberikan dukungan luar biasa sehingga pelaksanaan perayaan Natal tahun ini berlangsung sukses.

Menurutnya, Natal kali ini membawa kedamain dan kebahagian tersendiri bagi masyarakat yang ada di kabupaten Kabupaten Mamberamo Tengah.

“Kedamain seperti inilah yang harus kita jaga. Jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan orang lain,” imbuhnya. (*)

Reporter :Jean Bisay
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

SPSI: Yayasan Caritas harus pekerjakan seluruh karyawan RS Mitra Masyarakat

Selanjutnya

Socratez Yoman terpilih kembali sebagai Presiden Gereja Baptis Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua