<
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Lima kampung di distrik Muting sangat terisolir
  • Kamis, 14 Desember 2017 — 18:37
  • 1107x views

Lima kampung di distrik Muting sangat terisolir

Ketua DPRD Merauke, Fransiskus Sirfefa, sedang beri keterangan pers kepada sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Merauke, Jubi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa, mengungkapkan lima kampung di Distrik Muting yang umumnya adalah orang asli Papua, sangat terisolir. Kelima kampung itu antara lain Selow, Wan, Kolam, Boha, dan Pahas.

“Tiga hari saya melakukan perjalanan ke lima kampung sekaligus bermalan dan melihat kondisi kehidupan sesungguhnya. Boleh dikatakan sangat miris dan sepertinya tak ada sentuhan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke,” ungkap Sirfefa, saat jumpa pers bersama sejumlah wartawan di Merauke, Kamis (14/12/2017).

Dikatakan, berbagai tingkat kesulitan terus dihadapi masyarakat dari waktu ke waktu. Akses transportasi antar kampung juga sangat sulit.

“Tidak ada jalan darat. Satu-satunya akses transportasi hanya dengan jalur sungai,” ujarnya.

Selain akses transportasi sulit, fasilitas pendukung lain juga sangat terbatas. Misalnya, jaringan telekomunikasi tak ada, sehingga ketika ada persoalan, masyarakat kesulitan melakukan konsultasi ke distrik hingga kabupaten.

“Untuk menjangkau ibukota distrik sangat jauh. Sementara sarana transportasi seperti speedboat, tak dimiliki masyarakat. Inilah sejumlah permasalahan yang terjadi. Saya berharap adanya perhatian serius dari pemerintah,” pintanya.

Yohanes Kondomo, seorang warga Muting, mengakui transportasi ke beberapa kampung di Kali Bian sangat sulit. Satu-satunya adalah jalur sungai, sehingga masyarakat kesulitan ketika akan ke ibukota distrik.

“Kita berharap pemerintah memberikan perhatian serius kepada masyarakat di beberapa kampung itu sehingga pembangunan merata di berbagai kampung,” pinta dia. (*)

Reporter :Ans K
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Dinas Pendidikan beri perhatian khusus dua kampung terisolir di distrik Ngguti

Selanjutnya

Kepala kampung menghilang, dua tahun dana desa kampung Selouw tak dicairkan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua