<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Panitia pengawas distrik Pilgub Papua dilantik 
  • Rabu, 13 Desember 2017 — 15:30
  • 898x views

Panitia pengawas distrik Pilgub Papua dilantik 

Pelantikan Panitia Pengawas Distrik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Papua - Jubi/Engel Wally 

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Sebanyak 57 Panitia Pengawas Pemilu Distrik (Pandis) telah dilantik oleh Ketua Panwas Kabupaten Jayapura untuk melaksanakan tugas tanggung jawabnya di 19 distrik di Kabupaten Jayapura.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Bawaslu Papua yang diwakili Divisi Sumber Daya, TNI, Polri, Kesbangpol Kabupaten Jayapura, serta seluruh staf dan pengurus Sekretariat Panwaslu Kabupaten Jayapura.

Ketua Panwaslu Kabupaten Jayapura, Zakarias Rumbewas, mengatakan terpilihnya panitia pengawas di tingkat distrik ini setelah melalui proses yang cukup panjang. Kendati demikian dari sekian banyak yang mendaftar hanya 57 orang terbaik yang dipilih. 

"Proses seleksi dimulai dengan pendaftaran, seleksi berkas, dan wawancara yang dilaksanakan secara transparan. Lalu hasilnya disampaikan oleh tim kelompok kerja yang disampaikan juga kepada seluruh masyarakat guna mendapat tanggapan dan masukan. Setelah rampung dan final hasilnya diplenokan untuk dibuat surat keputusan," ujar Zakarias, di salah satu hotel di Sentani, Rabu (13/12/2017).

Zakarias menjelaskan kehadiran Pandis sangat penting untuk wilayah ini, sehingga dalam proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tentunya dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Mengingat kabupaten Jayapura yang sangat luas dengan topografi yang sulit di beberapa distrik sehingga pengawasan harus dilakukan dengan kerja sama dan koordinasi yang intens.

"Kami menempatkan panwas distrik sebagai ujung tombak dalam mewujudkan seluruh agenda pengawasan menuju suksesnya pemilihan Gubenrnur dan Wakil Gubenrnur provinsi Papua tahun 2018. Dengan dasar tugas, wewenang, dan kewajiban yang termuat dalam UU No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Oleh sebab itu sangat diharapkan adanya kerja sama yang intens dan terus menerus dalam setiap aktivitas ke pengawasan di setiap distrik," jelasnya. 

Ketua Bawaslu Provinsi Papua melalui Divisi Sumber Daya Manusia, Yacob Paisey, mengatakan pandis yang baru saja dilantik ini dalam melaksanakan tugas hendaknya berpatokan kepada aturan dan dasar dari setiap pengawasan yang akan dilakukan di daerah ini

"Undang-undang serta sumpah janji menjadi dasar dari apa yang akan kita laksanakan. Setiap pengawasan dilakukan berdasarkan undang-undang dan aturan yang ditetapkan. Tidak bisa kita keluar dari aturan dasar ini. Sehingga pemilu tahun depan akan lebih baik dari sebelumnya. Selamat bergabung bersama Bawaslu Republik Indonesia, provinsi Papua, dan juga kabupaten Jayapura," ungkapnya. 

Setelah pelantikan panitia pengawas distrik mengikuti bimbingan teknis terkait pengawasan dan pelaksanaan pemilu yang disampaikan komisioner Panwas kabupaten Jayapura. (*)

Reporter :Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

PKK diminta fokus pendidikan anak usia dini 

Selanjutnya

HNSI gelar Musda I bulan Desember

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua