<
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Beberapa sekolah di Jayapura mulai gunakan E-raport
  • Rabu, 13 Desember 2017 — 18:24
  • 697x views

Beberapa sekolah di Jayapura mulai gunakan E-raport

Siswa-siswi SMPN 1 Sentani - Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Kepala sekolah SMPN 2 Sentani kabupaten Jayapura, Kelasina Yanggreseray, mengatakan E-raport sangat membantu namun hingga kini belum dilakukan sosialisasi secara menyeluruh.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura memang belum ada sosialisasi tapi kami dapat dari WhatsApp sesama teman karena kami merupakan sekolah pilot project K-13,” kata Kelasina Yanggresera, saat ditemui Jubi di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2017).

Kelasina mengatakan bersama beberapa guru mempelajari aplikasi E-raport ini bersama oprator-oprator yang nantinya akan memandu dalam pengunaan aplikasi E-raport ini.

“Opreator setelah pelajari bisa nanti dia sosialisasi ke kita guru-guru dan untuk sosialisasi pertama itu sudah dilakukan tanggal 4 Desember lalu,” jelasnya.

Dalam penggunaan aplikasi E-raport ini sedang dalam sosialisasi dan rencananya para pimpinan sekolah akan bertemu dan duduk sama-sama untuk menyatukan nilai di E-raport tersebut.

“Untuk mengerjakan ini mengunakan laptop masing-maisng milik guru dan nanti dihubungkan dengan LAN, baru nanti dibagikan informasi di setiap laptop masing-masing,” ucap Yanggresera.

Yanggresera menjelaska, dengan adanya E-raport ini sangat membantu sekali namun ini merupakan sesuatu yang baru sehingga harus dipelajari terlebih dahulu.

“Membantu karena data-data siswa itu sudah ada di dapodik dan guru tidak harus kerja dua kali lagi harus ketik data siswa. Guru tinggal isi nilai dan dihubungkan ke dapodik yang ada data siswa maka secara otomatis data siswa itu akan keluar,” tuturnya menjelaskan.

Kata Yanggresera, dimana sosialisasi baru dilakukan di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Jayapura dan satu sekolah yang di Taja. Ia juga berharap ini dapat digunakan karena sangat membantu guru-guru.

“Sekolah yang di pinggir sana sudah gunakan baru kita yang di kota ini ketinggalan. Kita harus jemput bola, jangan hanya tunggu bola,” katanya. 

Hal lain juga disampikan Kepala sekolah SMP Negeri 3 Kaureh distrik Yapsi, Syahri. Ia mengatakan sudah mulai menerapkan E-raport di sekolahnya di semester awal ini.

“Kami mengunakan E-raport ini secara menyeluruh dari kelas I-III,” katanya.

Ia juga menjelaskan pengunaan E-raport ini membantu dan sangat baik untuk diterapkan walau belum clear dalam mengunakannya.

“Penggunaannya belum clear jadi rencana besok ini dicetak baru diumumkan kepada guru-guru di sekolah,” jelas Syahri. (*)

Reporter :Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Telkomsel bantu SMAN 4 Jayapura terapkan SIMAS

Selanjutnya

Kesehatan penghuni panti lansia Pos VII, butuh penanganan serius

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua